Rabu, 10 April 2013

TEKNIK DAN KONSEP MEMBUAT LOGO


Logo ( logo design ) merupakan identitasvisual ( penggambaran) sederhana dari sebuah perusahaan maupun organisasi. Dalam hal ini, logo mewakili secara gambaran dari sebuah organisasi/ perusahaan. Dalam pembuatan logo, ide kreatif dan konsep efektif tidak akan muncul secara serta merta dan sekejap mata, diperlukan suatu proses panjang untuk membangunnya.

Diantara proses pembuatan logo yaitu:
  1. Pengamatan secara detail 
  2. Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari perusahaan/ organisasi yang akan dibuat logo.( jika perlu dengan wawancara)
  3. Mencari referensi logo- logo perusahaan yang sejenis.
  4. Jika informasi sudah terkumpul, desainer mulai membuat konsep dan sketsa logo.
  5. Setelah sketsa dibuat, biasanya desainer melihat respon dari orang lain terhadap sketsa logo yang dibuat.
  6. Terkadang dari sketsa logo, mendapat respon yang bersifat membangun dari oranglain, maka perlu dilakukan revisi logo.
  7. Desainer mulai melakukan presentasi didepan klien, presentasi meliputi : maksud dari penggambaran logo, alasan- alasan dalam pembuatan logo, pemilihan warna, pemilihan jenis logo, dll.



 Kemudian dari segi teknik membuat logo yaitu :

  1. Pewarnaan :Gunakan maksimal 3 warna, dan hindari penggunaan warna hitam dan putih.karena secara umum, warna backgraund gelap diwakili warna hitam dan warna terang diwakili warna  putih.sehingga apabila dipadukan dengan logo, warna akan mati.
  2. Bentuk : Gunakan bentuk yang simple ( jangan terlalu  rumit ), hal ini memungkinkan agar logo bisa beradaptasi di sembarang tempat, sehingga enak dipandang mata.
  3. Font ( bentuk huruf ): Jangan terlalu banyak jenis font, dan usahakan teks tidak menyatu dengan logo, sehingga teks bisa di ubah-ubah( bersifat dinamis/ sesuai dengan perkembangan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar