Kamis, 04 April 2013

ASTROFOTOGRAFI

Astrofotografi adalah cabang fotografi yang objek fotonya berkaitan dengan hal-hal astronomi. Contoh-contoh astrofotografi yaitu foto bulan, matahari, bintang, planet, galaksi, nebula, open cluster/globular cluster, dan sebagainya. Astrofotografi bertujuan untuk memotret benda-benda langit, dan untuk memotretnya diperlukan teknik-teknik tertentu.

Untuk menghasilkan foto yang bagus, sebaiknya menggunakan kamera DSLR, karena pada kamera DSLR terdapat manual mode sehingga kita dapat mengatur ISO, shutter speed, aperture, dan fokusnya sesuai dengan yang kita inginkan. Sebenarnya memotret benda langit menggunakan kamera handphone/kamera digital juga bisa, tetapi kualitas fotonya tidak sebagus dan sejernih menggunakan kamera DSLR, sehingga akan menghasilkan foto yang kurang fokus dan banyak noisenya. Selain itu, apabila menggunakan kamera handphone/kamera digital, objek yang dapat difoto hanya objek yang bersinar sangat terang, berukuran besar, dan yang dapat dilihat oleh mata kita saja (misalnya matahari dan bulan), sedangkan objek seperti bintang, planet, galaksi, nebula, open cluster/globular cluster yang berjarak sangat jauh dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang harus difoto menggunakan kamera DSLR.

Apabila menggunakan kamera DSLR dengan manual mode, hal-hal yang harus diperhatikan untuk memotret sebuah benda langit yaitu mengatur ISO, aperture, shutter speed, dan fokusnya (manual fokus). Semakin tinggi nilai ISO, semakin besar cahaya yang dapat ditangkap oleh sensor. Namun, kekurangannya, semakin tinggi ISO yang digunakan, semakin tinggi pula noise yang muncul. Untuk shutter speed, semakin lama shutter dibuka (semakin lama waktu yang digunakan), semakin banyak cahaya yang masuk. Dan sebaliknya, semakin cepat shutter dibuka (semakin sebentar waktu yang digunakan), maka semakin sedikit cahaya yang terekam. Dan untuk aperture, semakin kecil nilai f-nya, semakin besar diameter/diafragmanya sehingga akan semakin banyak menangkap cahaya yang masuk.

Secara keseluruhan, untuk menghasilkan foto yang bagus dalam astrofotografi, diperlukan beragam teknik yang berbeda, tergantung dari objek apa yang ingin difoto. Tentu teknik memotret nebula juga berbeda dengan teknik memotret bintang, begitu pula dengan teknik memotret galaksi yang berada berjuta-juta tahun cahaya jauhnya dari bumi kita ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar